Halosumsel.com-

Pendaftaran calon Bintara TNI AD yang dilaksanakan oleh Kodam II/Swj tinggal 1 minggu lagi. Oleh sebab itu, bagi para Pemuda dan Pemudi di Sumatera Bagian Selatan yang ingin masuk menjadi prajurit Bintara TNI AD, agar segera mendaftarkan diri, jangan sampai terlambat.
 
Pendaftaran calon Bintara PK TNI AD yang dimulai sejak tanggal 3 Agustus 2015 lalu, akan ditutup pada hari Sabtu, tanggal 22 Agustus 2015. Pendaftaran dapat dilakukan di Ajendam II/Sriwijaya, Jl. Urip Sumoharjo Sekojo Palembang. Sementara itu, bagi pemuda dan pemudi yang berdomisili di luar Sumsel dapat mendaftarkan diri di Ajenrem 041/Gamas, Jl. Padang Harapan Bengkulu; Ajenrem 042/Gapu, JL. AK.Gani 3 Jambi; dan Ajenrem 043/Gatam, JL.Teuku Umar Bandar Lampung. Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui website : http://rekrutmen-tni.mil.id
 
Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar,S.IP menjelaskan bahwa untuk mendaftar menjadi calon prajurit Bintara TNI AD, calon harus datang ketempat  pendaftaran dengan membawa dan menunjukkan dokumen asli serta menyerahkan foto copy berupa kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA), akte kelahiran/surat kenal lahir, KTP calon dan KTP orang tua wali, Kartu Keluarga, STTB SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MA sederajat berikut nilai UN dan surat keterangan dari Babinsa.
 
Selain itu, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi, diantaranya Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945, usia pada saat masuk pendidikan tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun, serendah-rendahnya berijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit TNI dan berkelakuan baik yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Polres setempat,
 
Syarat lainnya adalah belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan pertama serta 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit, berbadan sehat (jasmani dan rohani), bebas narkoba, tidak berkaca mata, tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat, tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta berat badan seimbang serta surat persetujuan/izin orang tua/wali.
 
Bagi yang sudah bekerja, harus melampirkan Surat Persetujuan/izin dari Kepala Dinas/Jawatan/Instansi yang bersangkutan; dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD. Calon prajurit juga harus bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) sekurang-kurangnya 10 tahun; dan Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI.
 
Hal-hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke tempat pendaftaran (Ajendam/Ajenrem setempat). Penerimaan calon prajurit, tidak dipungut biaya.
 
 (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *