Asahan, Halosumsel.com  –  Sebanyak 612 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa dan kelurahan se- Kabupaten Asahan, Sumatera Utara yang tersebar di 25 kecamatan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024 dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan Dayat, Minggu (26/05/2024).
Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Asahan yang diwakilkan oleh Asisten 1 Pemkab Asahan, Buwono dan juga dihadiri oleh Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Asahan, para Komisioner KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Asahan.

Dalam acara Pelantikan juga dilakukan pengambilan sumpah janji serta rapat pleno untuk memilih ketua setiap PPS setiap sesa dan kelurahan se-Kabupaten Asahan untuk Pilkada Tahun 2024 di Aula Hotel Sabty Garden jalan Diponegoro, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan. Anggota PPS ini akan melaksanakan tugas selama 8 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan.

Bupati Asahan H Surya Bsc yang diwakilkan oleh Asisten 1 Buwono dalam sambutanya mengapresiasi kepada KPU dan Bawaslu karena dalam pelaksanaan Pemilu serentak yang lalu Asahan berjalan dengan kondusif.

Untuk itu, Bupati berharap kepada PPS yang dilantik untuk bisa berkolaborasi dengan seluruh unsur pimpinan termasuk Forkopimca di Kecamatan masing-masing dan mempunyai komitmen serta militansi ke induk organisasi yakni KPU.

“Tadi kita baru disumpah dan berjanji, jadi amanah yang di emban harus kita laksanakan dengan baik. Saya yakin putra putri Asahan yang baru saja dilantik bisa memegang komitmen ini,” sebut Buwono.

Bupati Asahan berharap kepada seluruh PPS untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, sehingga pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan dengan baik dan kondusif di Kabupaten Asahan. Ketua KPU Asahan, Dayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan momentum serentak di seluruh Indonesia.

“Jadi seluruh penjuru tanah air kita saat ini sedang melakukan pelantikan penyelenggara Pilkada untuk tingkat Kelurahan dan Desa,”kata Ketua KPU, Dayat.

Ketua KPU mengajak kepada PPS untuk bergandengan tangan, bahu membahu, bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk menyuseskan Pilkada Tahun 2024 mendatang.

Disebutkan oleh Dayat, bahwa semua upaya yang dilakukan untuk kesuksesan Pemilu dapat berbuah manis.

” Semoga nanti terpilih pemimpin-pemimpin bangsa maupun di daerah yang mampu menjaga dan merawat kebhinekaan yang ada, sehingga masyarakat Asahan bisa Aman, bermartabat, berintregritas dan sejahtera,“ ujar Ketua KPU, Dayat menutup arahannya.

Benigno Akuindo