Halosumsel.comIMG_20150614_092733-Untuk memantau kestabilan harga menjelang bulan puasa Ramadan dan Lebaran, Menteri Perdagangan (Mendag) Rakhmad Gobel  kabinet Joko Widodo mengunjungi beberapa Pasar di Palembang Sumatra Selatan. Mendag mengunjungi , Pasar KM 5, dan Pasar Murah di Lapangan Rumah Susun 24 ilir serta meresmikan Pasar 10 Ulu  Minggu (14/6) Palembang

Sebelumnya Mendag Rakhmad Gobel yang didampingi oleh Ketua Komisi VI Hafiz Thohir dan Wakil Ketua Komisi V Dodi Reza Alex Noerdin setibanya dari bandara SMB II langsung melakukan belusukan di Pasar KM 5 Palembang, dari Pantauan koran ini Mendag sempat berdialog dengan pedagang sayur mayur untuk mengetahui beberapa kebutuhan yang mengalami kenaikan,dan dilanjutkan dengan melihat kondisi Pasar KM 5,setelah melakukan belusukan Mendag langsung menuju Lokasi Pasar Murah Disperindag sumsel yang terletak dihalaman masjid Baiturrahman Rumah Susun24 Ilir,disini Mendag bersama -sama Hafis Thohir berjualan paket Pasar murah yang terdiri dari 5 Kilogram Beras 1 liter Minyak Gorang dan 1 Kg Gula Pasir dengan harga 30 Ribu per paket‎,dan meninjau beberapa stand yang semuanya menjual dibawah harga pasar,dengan antusias Mendag mengelilingi Pasar murah setelah melakukan sidak ke Pasar Murah Mendag dan rombongan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Kapal di BKB menuju dermaga Pasar 10 ulu.

Rakmad Menjelaskan,”Kunjungan kerja ke Palembang untuk memantau langsung harga, pasokan, dan ketersediaan supaya bisa mengantisipasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok dan mengetahui kesiapan suatu daerah dalam menyambut puasa dan Lebaran tahun ,”jelas Rakhmad

Demi menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok, lanjut Rakhmad,Kemendag bersama dengan dinas provinsi perdagangan akan terus menjaga kelancaran pasokan dan stabilitas harga melalui berbagai macam instrumen, salah satunya dengan melakukan program pasar murah.

“Pasar murah diharapkan menjadi pasar penyeimbang dan dijadikan referensi untuk barang kebutuhan pokok yang cenderung naik menjelang puasa dan Lebaran,” ujar Mendag.

Ditambahkan Rakhmad, berbagai barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah antara lain beras, gula pasir, minyak goreng dijual dengan harga lebih rendah dari harga pasar pada umumnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Berdasarkan data Kemendag, harga rata-rata barang kebutuhan pokok seperti beras medium, minyak goreng curah, daging sapi, tepung terigu, kedelai, cabe merah, cabe rawit, dan cabe keriting di kota Palembang relatif stabil dibandingkan seminggu sebelumnya.

Sementara itu harga gula pasir, telur ayam ras dan bawang merah mengalami penurunan harga dan hanya harga daging ayam ras dan bawang putih tekerek naik secara signifikan.
Sementara Kadis Perindag sumsel Ir.Permana Mengatakan,” Disperindag sumsel akan terus menerus melakukan Pasar murah menjelang puasa dan lebaran, agar masyarakat merasakan bahagia menyambut bulan suci ramadhan selama ini kesannya masyarakat dikeluhkan dengan kenaikan barang-barang,”tandasnya (sofuan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *