Bandung, Halosumsel -Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengungkapkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumsel ke-78 sangat banyak capaian positif, prestasi serta penghargaan yang didapatkan. Hal ini tentunya terwujud berkat kerjasama, kekompakan, kebersamaan seluruh elemen yang ada di Sumsel.

Fatoni membeberkan seluruh capaian prestasi tersebut dalam sesi wawancara bertajuk Visit Media dan Podcast bersama Ayo Media Network di PT Ayo Media Network, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/5/2024).

Dalam podcast tersebut, Fatoni mengatakan sepanjang tahun 2024 setidaknya sudah lebih dari 30 penghargaan yang didapat oleh Pemprov Sumsel. Jumlah tersebut belum terhitung dari penghargaan yang diperolehnya semenjak menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel dalam kurun waktu bulan Oktober 2023 hingga Desember 2023. Jika ditotal hingga saat ini sudah lebih dari 50 penghargaan yang berhasil didapatkan.

“Penghargaan bukan tujuan tapi penghargaan sebagai indikator bahwa apa yang kita lakukan itu mendapatkan apresiasi,” kata Fatoni.

Berdasarkan capaian makro ekonomi di Provinsi Sumsel sangat baik begitupun dengan pertumbuhan ekonominya. Selain itu, inflasi juga terkendali, penanganan kemiskinan ekstrem pun menjadi yang tercepat dan penurunan angka stunting menjadi yang tercepat secara nasional.

“Demikian juga dengan pengendalian inflasi cukup baik termasuk pembangunan yang lain seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya juga sangat baik,” jelas Fatoni.

Dalam siaran berdurasi hampir 30 menit tersebut, Fatoni  menyebutkan jika Provinsi Sumsel merupakan salah satu daerah terluas di Indonesia. Sehingga sangat wajar jika potensi yang dimiliki sangat banyak dan membutuhkan pengelolaan maksimal.

“Maka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kita harus bersama-sama. Maka di Sumsel melakukan gerakan serentak dalam melaksanakan program tersebut yang paling utama adalah menyamakan persepsi, visi misi. Jadi kita terus melakukan sosialisasi agar tujuan yang kita dilakukan ini  berjalan dengan baik,” ucapnya.

Lebih jauh Fatoni juga mengungkapkan pesatnya pembangunan infrastruktur di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sangatlah bagus. Hal tersebut tentunya menjadu tantangan bagi Sumsel untuk mengambil peluang agar ekonomi berkembaag demikian juga dengan sektor pariwisata.

“Maka Sumsel terus menciptakan destinasi baru, mengangkat, budaya, adat istiadat, termasuk makanan khas Sumsel. Maka Sumsel akan melakukan terobosan- terobosan salah satunya akan dibangun Museum Kerajaan Sriwijaya dan Museum Tekstil,” pungkasnya.

Rel